Cara Mengatasi Bookmark Not Defined saat Membuat Daftar Isi Otomatis

Daftar Isi Otomatis

Pembuatan daftar isi  secara otomatis memang banyak keuntungannya. Salah satunya pekerjaan menjadi lebih cepat dan efisien. Namun karena kerjanya yang otomatis dijalankan mesin komputer, pasti ada masa di mana komputer mengalami error. Anda harus tahu cara mengatasi error seperti Bookmark Not Defined saat membuat daftar isi otomatis. Berikut  ulasannya!

  1. Miliki File Cadangan

Masalah satu ini sebenarnya tak akan menjadi masalah jika Anda memiliki back up data. Masalah ini umumnya muncul saat file akan dicetak dan sudah dikonversi dalam bentuk pdf. Sebelum memulai pencetakan, biasanya akan ada pengecekan file terlebih dahulu. Keterangan Bookmark Not Defined muncul dengan tampilan daftar isi yang berantakan.

Saat membuat daftar isi otomatis, akan membuat daftar serta isi dari semua file tergantung pada daftar isinya. Jika daftar isi berantakan, makan isi file pun juga berantakan. Hal ini karena semua penomoran di daftar isi dibuat secara otomatis. Jika Anda memiliki cadangan data yang normal, maka masalah ini bukan suatu masalah lagi, hanya perlu mengganti file yang dicetak.

  1. Mengembalikan Isi File yang Asli

Kesalahan berupa  sumber atau referensi yang tidak ditemukan ini, pasti ada akibatnya. Akibat utamanya yaitu pembaharuan pada field yang mempunyai tautan atau link yang rusak saat ke bookmark. Anda bisa mengembalikannya (jika memungkinkan) dengan cara undo atau dengan shortcut ctrl+Z langsung setelah Anda menerima pesan bahwa berupa Bookmark Not Defined.

  1. Menyelidiki Link atau Tautan yang Rusak

Langkah awalnya dengan memastikan tampilan pesan tadi masih ada. Kebanyakan orang akan menghapus pesan tadi berbarengan dengan menghapus teks lainnya. Anda perlu melihat ini dan memastikannya masih ada di dalam file. Anda bisa mengeceknya dengan melihat tanda dalam dokumen yang akan dicetak.

Kemudian Anda perlu memastikan nama kolom sudah dalam ejaan yang benar. Biasanya banyak komponen atau item yang memakai bookmark. Sebagai contoh, sumber berupa silang dan indeks yang disisipkan sebagai field. Nama kolom yang tidak dalam ejaan yang benar, maka pesan mengingatkan adanya kesalahan akan muncul.

  1. Memperbaharui Item pada Bookmark dengan Benar

Word akan memasukkan sumber berupa tanda silang sebagai field. Namun jika sumber berupa silang tersebut tidak menunjukkan adanya perubahan yang  dibuat pada bookmark, maka Anda harus memperbaharui field. Caranya dengan mengklik kanan pada kode field, kemudian lakukan klik Update Field pada menu shortcut atau pintasan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi Bookmark Not Defined saat membuat daftar isi otomatis di Ms.Word yang dikonversi. Pesan penting  dari bahasan di atas, hanya perlu hati-hati dalam membaca saat membuat sesuatu. Terlebih jika yang dibuat dalam file penting yang harus disetorkan secara mendadak. Anda pasti tak ingin kerja kerasnya sia-sia hanya karena ceroboh.